Spesifikasi dan Harga Esemka Bima Ev, Brands Lokal!

Baiklah, sebelum lebih jauh, perlu kamu ketahui bahwa artikel ini hanya akan membahas tentang Esemka Bima Ev, baik dari sepesifikasi maupun harganya. Jika kmau sedang membutuhkan informasi mengenai hal tersebut, dan atau memang itu yang sedang dicari, maka artikel ini cocok untuk dibaca.

Oke, mari kita mulai bahas saja.

Pendahuluan

Sedikit pendahuluan tentang Esemka. Esemka sendiri merupakan brands mobil lokal Indonesia, dimana kabarnya timbul tenggelam, namun secara mengejutkan muncul di IIMS 2023, dan salah satu produk yang dipamerkan adalah Esemka Bima Ev.

Kata Ev yang ada di belakang Bima menunjukkan bahwa mobil ini sepenuhnya menggunakan tenaga listrik.

Esemka Bima Ev minibus merupakan mobil CBU yang diimpor langsung dari China, jadi mobil ini walaupun merupakan brands Indonesia, namun bukan rakitan dalam negeri.

Spesifikasi Esemka Bima Ev

Jika Wulling Air Ev charger baterai listriknya ada dibagian depan, Esemka Bima Ev memilki posisi charger yang sama, juga didepan. Namun tersembunyi dibelakang kap, jadi kap tersebut harus dibuka dahulu, kemudian mobil ini baru bisa kemudian di charge.

Esemka Bima Ev memiliki 2 buah slot charger, ada yang dibawah kap depan, dan ada dibagian samping kanan mobil. Perbedaanya, yang di bawah kap sudah menggunakan fitur fast charging, sedangkan yang di bagian kanan body mobil digunakan untuk men-charge mobil dengan kecepatan charging normal.

Esemka Bima Ev diluncurkan di IIMS 2023.
Esemka Bima Ev diluncurkan di IIMS 2023.

Charger yang berada di bawah kap merupakan slot charger yang memiliki kemampuan fast cahrging. Sebagai gambaran, untuk mengisi baterai mobil dari kosong hingga penuh, maka butuh kurang lebih waktu selama 1 jam lebih. Dimana charger pada bagain depan menggunakan arus DC.

Slot charget yang ada pada bagain kanan mobil, digunakan untuk mengisi daya baterai dengan kecepatan normal. Adapun arus yang digunakannya adalah AC. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai mobil dari 0 ke 100% dengan slot charger ini ialah sekitar 8 jam.

Dibawah kap sendiri selain ada charger, juga ada sikring, air wiper, dan fluid.

Masih pada bagian depan Esemka Bima Ev, mobil ini sudah dilengkapi dengan lampu kabut, kemudian juga ada lampu utama yang sudah menggunakan teknologi projector (lampu yang digunakan masih halogen).

Selain di depan dan belakang, lampu sein juga ada pada bagian spion. Keberadaanya membuat mobil ini semakin memikat.

Mobil listrik brands Indonesia ini menggunakan ban dengan velg keleng, dan ban 165/75 R 14.

Handle pintu Esemka Bima Ev sudah menggunakan model tarik, jadi terlihat lumayan mewah.

Baterai Esemka Bima listrik ini sendiri berada di bawah mobil. Lokasi baterai berada bisa dilihat dengan mata telanjang, sebab bentuknya kotak, besar dan berwarna hitam.

Baterai yang digunakan Esemka Bima Ev merupakan baterai dengan jenis lithium. Baterai mobil ini memiliki kapasitas 49,1 kwh. Jika dibandingkan dengan Nissan Leaf, maka baterai Esemka Bima Ev lebih besar 9,1 kwh.

Dengan baterai tersebut, menurut pihak Esemka, mobil ini snaggup digunakan untuk menempuh jarak hingga 300 an kilo meter. Namun ini perlu diingat, bahwa mobil listrik apapun, jika digunakan untuk memuat berat lebih banyak, tentu akan membutuhkan energi yang lebih besar, dimana pada mobil listrik ini berpengaruh pada jarak tempuh.

Esemka Bima Ev ini menggunakan sistem penggerak roda belakang, dimana itu digerakkan oleh singgle speed induction gear, jadi bukan gear box ya.

Tenaga mobil ini, bisa mencapai 100 tenaga kuda maksimal, dan torsi maksimalnya ialah 165 NM. Sedangkan tenaga rata-rata mobil ini ialah 53 tenaga kuda. Dengan tenaga maksimal mobil tersebut, mobil ini bisa dibawa maksimal hingga 100 km/jam.

Jangan bingung mencari tuas transmisi di mobil ini, sebab Esemka Bima Ev menggunakan tarsmisi otomatis. Untuk menyesuaikan trasnmisi yang akan digunakan dilakukan dengan memutar knop (jadi ingat yang di BMW).

Dimana pada transmisi yang digunakan Esemka Bima Ev ini hanya ada 3 pilihan, yakni netral, maju dan mundur saja. Tidak ada transmisi yang khusus digunakan saat parkir. Jadi ketika parkir, maka cukup memindahkan transmisi ke netral, kemudian tarik rem tangan.

Sedangkan pada bagian kaki-kai, Esemka Bima Ev pda bagian belakang menggunakan per daun.

Pada bagian belakang mobil ini belum dilengkapi dnegan wiper dan defogher. Kemudian pada bagian belakang juga terdapat logo Esemka, dan emblem Esemka.

Interior Esemka Bima Ev

Ketika memasuki Esemka Bima Ev, maka pengemudi tidak bisa mengatur kemudi untuk turun maupun naik. Disamping sebelah kanan sopir, ada 2 buah tombol power window.

Untuk kenyamanan penumpang dan pengemudi, mobil ini sudah dilengkapi dengan radio, AC yang bisa menyemburkan udara hangat dan dingin.

Pada sebelah kanan kemudia ada beberapa tombol untuk mengataur mobil. Seperti tombol untuk mengatur ketinggian lampu, tombol untuk menyalakan lampu kabut depan dan belakang, serta tombol lainnya.

Jok penumpang yang ada di bagian belakang Esemka Bima Ev bisa dibilang empuk, nyaman-lah. Ruang kepala dan ruang kaki bagi penumpang yang duduk di bagian tengah cukup lebar, nyaman.

Esemka Bima Ev memiliki 2 buah port charger.
Esemka Bima Ev memiliki 2 buah port charger.

Oh ya, mobil minibus Esemka Bima Ev memiliki 4 baris ya. Lanjut lagi bahas di bagain tengah, pada bagian atas ada AC dengan blower yang siap digunakan untuk mendinginkan kabin.

Jika pada sisi pengemudi sudah dilengkapi dengan power window, beda ceritanya pada bagian belakang. Pada bagian tengah, untuk membuka jendela, maka penumpang harus memutar tuas untuk bisa membuka kaca (masih manual).

Mengenai fitur kemanan, untuk penumpang pada baris kedua hingga yang paling belakang, kursi duduknya sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman 3 titik. Pada jog bagian tengah juga sudah dilengkapi dengan isofix, jadi kalau mau bawa anak kecil lebih aman.

Grap handle di samping kiri kanan penumpang juga ada, bahkan sampai bagian belakang, jadi bisa digunakan untuk berpegangan.

Tipe Esemka Bima Ev

Minibus Esemka Bima Ev memiliki 2 tipe. Yakni tipe pessenger dan juga tipe blindvan. Dimana berat blindvan ialah 13 ton, dan berat minibus 1,5 ton. Perbedaan berat tersebut salah satunya terletak pada jok mobil, dimana blindvan tidak menggukan jok kursi di bagian belakangnya.

Sepertinya ulasan mengenai Esemka Bima Ev ini sudah cukup lengkap dan panjang, bagaimana menurut kalian, berikan pendapatnya di kolom komentar ya.

Terimakasih sudah membaca artikel ini hingga selesai, jika suka silahkan share ke media sosial supaya lebih banyak orang yang suka hehe. Sampai jumpa pada artikel otomotif lain di blog AndiNafara.