Artikel ini akan menjelaskan mengenai berbagai langkah yang dibutuhkan untuk bisa merekrut penulis artikel yang handal untuk blog maupun website. Jadi jika hal tersebut yang sedang ANda cari, maka silahkan ikuti artikel tentang cara merekrut penulis hingga paragraf terakhir.
Jangan sampai ada yang terlewat, supaya Anda mendapatkan informasi utuh dari artikel ini.
Rekrut merekrut penulis bukanlah perkara mudah, apalagi jika artikel tersebut digunakan untuk website atau blog, kalau salah, bukannya blog Anda tambah standout di mesin pencari, yang ada malah drop.
Maka dari itu, Anda membutuhkan formula yang "mendekati" tepat, jika tidak mungkin 100% sempurna, supaya Anda mendapatkan penulis artikel yang handal, terpercaya dan loyal.
Apabila Anda sedang mengembangkan usaha, agensi atau memperbanyak artikel untuk usaha Anda, maka sepertinya Anda harus merekrut penulis.
Ilustrasi: cara merekrut penulis lepas, freelance atau fulltime. |
Oh ya, sebelum melanjutkan membaca artikel ini, perlu Anda tahu bahaw artikel ini cukup panjang, maka dari itu, jika Anda tak bisa membaca artikel ini dalam sekali baca, silahkan bookmark atau simpan dahulu link artikel ini, supaya diwaktu yang lain Anda bisa membacanya.
Oke, langsung saja, berikut adalah cara dalam merekrut penulis yang handal.
Perkirkan dahulu berapa kebutuhan penulis
Sebelum meutuskan untuk merekrut penulis baru, baik freelance maupun fulltime, silahkan analisis terlebih dahulu, kira-kira berapa penulis yang Anda butuhkan.
Analisis juga meliputi, gaya kepenulisan, waktu yang dibutuhkan sampai penulis bisa produktif (sebab, tak semua enulis bisa langsung menyesuaikan denga gaya bahasa kita), ini wajar.
Mengenai gaya kepenulisan, ini penting, Anda nanti harus merumuskan, kira-kira yang Anda butuhkan itu penulis cerpen, puisi, novel, artikel SEO, news, atau script, jadi bermacam-macam ya.
Ilustrasi: cara merekrut gost writer. |
Misalkan Anda membutuhkan 1 penulis, setidaknya waktu seleksi nanti, Anda harus meloloskan 5 (atau jumlah lain), hal ini untuk mengantisipasi jika ada penulis yang mengundurkan diri, atau penulis yang memiliki attitude jelek, yang kemudian terpaksa Anda berhentikan.
Pikirkan kira-kira berapa kekuatan penulis mengerjakan artikel dalam 1 bulan
Misalkan, jika Anda menerbitkan atau membutuhkan sekitar 50 artikel berita setiap harinya, maka Anda memtuhkan sekitar 5 sampai 10 penulis mungkin untuk mengerjakannya.
Jika hanya dikerjakan 1 penulis saja, tentu penulis tersebut tidak akan kuat.
Kuat mungkin untuk sehari, namun jika bicara jangka panjang, tentu hal tersebut tidaklah supportif, baik bagi si penulis, maupun bisnis Anda.
Bisa jadi dihari berikutnya, penulis bisa sakit, kemudian lelah dan tak bisa bekerja akibat beban menulis yang besar.
Bisa juga penulis Anda mulai berbuat curang dengan melakukan copy paste atau tindakan curang lainnya, akibat Anda memberikan beban kerja yang begitu besar.
Jadi sebenarnya, yang paling baik adalah dengan memberikan beban kerja yang sesuai dnegan kebutuhan usaha, namun juga tidak membebai penulis.
Ilustrasi: cara membuka lowongan penulis freelance. |
Itu jika artikel berita, lantas bagimana dengan novel?
Yap, disesuikan saja, karena novel panjang dan terdiri dari bab bab, mungkin bisa dibatasi mungkin 1 bab dalam 1 minggu, atau satu novel dengan jumlah kata tertentu harus dikerjakan dalam waktu 1 bulan, 2 bulan, dan seterusnya, yang penting terukur.
Tentukan berapa rupiah penulis akan dibayar
Selanjutnya, Anda juga harus menentukan jumlah fee atau pembayaran untuk penulis. Misalkan, untuk penulis freelance artikel SEO atau news, mereka akan dibayar Rp 10 per kata atau Rp 100 per kata, itu Anda harus tentukan.
Kemudian untuk gost writer novel, apakah Anda akan membeli jasa mereka misal 500 ribu untuk 1 buah naskah novel, 1 juta atau jumlah lainnya, ini harus Anda tentukan dahulu.
Ilustrasi: tips merekrut penulis freelance maupun fulltime. |
Demikian pula untuk jenis tulisannya lainnya, fee untuk penulis harus Anda tentukan dahulu, sehingga nanti tidak muncul konflik ketika waktu pembayaran tiba.
Kapan penulis artikel akan dibayar
Selain fee yang akan dibayarkan pada penulis harus jelas jumlahnya, kapan waktu pembayaran penulis juga harus Anda sampaikan dengan jelas, misalnya setiap tanggal 28, atau antara tanggal 25 sampai tanggal 5 bulan berikutnya, yang penting jelas ya.
Jika pembayarannya tidak sebulan sekali juga bisa, sampaikan saja, bahwa jasa penulis akan dibayar setelah semua artikel selesa dikerjakan.
Apabila nominalnya besar, maka Anda selaku pengguna jasa tulis, juga bisa memberikan DP dahulu pada mereka, sekedar tanda jadi, tak perlu banyak-banyak.
Ilustrasi: panduan menambah penulis artikel. |
Jika fulltime maka kesepakatan waktu pembayaran seperti diawal perlu ditegaskan, misalnya setiap tanggal 25, atau antara tanggal 25 sampai tanggal 5 bulan berikutnya.
Susun kriteria penulis yang diinginkan
Sebelum memutuskan untuk merekrut penulis baru, Anda perlu membuat sebuah daftar yang berisi mengenai kriteria penulis yang akan bekerja dengan Anda nantinya.
Kriteria ini harus jelas ya, misalnya berdomisili di Jogja atau Jakarta, karena Anda membutuhkan untuk bertemu dengan mereka sesekali.
Contoh kriteria lain, penulis harus siap sedia ketika dihubungi via whatsapp, sebab komunikasi harus dilakukan via whatsapp saja.
Kriteria untuk usia, misalnya maksimal 35 tahun, kriteria ini muncul karena Anda tak ingin menghire penulis yang terlalu senior misalnya.
Bisa juga Anda mensyaratkan usia minimal adalah 18 tahun, kriteria ini muncul karena Anda tak ingin menghire penulis dibawah umur.
Ilustrasi: langkah menerima penulis bayangan maupun reguler baru. |
Beberapa kriteria di atas hanyalah contoh kecil saja.
Tentu Anda harus membuat kriteria yang lebih detail dan kompleks daripada yang penulis contohkan di atas.
Buat lowongan kerja content writer
Jika berbagai hal dan kriteria diatas sudah pikirkan dan siapkan, maka sudah bisa membuat lowongan kerja.
Buatlah lowongan kerja sedetail mungkin, minimal berisi syarat dan kriteria umum yang Anda tentukan, seperti umur, jenis kelamin, informasi mengenai fee serta hal lainnya yang terkait.
Semakin detail lowongan kerja yang Anda buat, maka semakin mudah Anda menjaring penulis yang diinginkan.
Disisi yang lain, penulis-penulis yang belum atau tidak memenuhi kriteria Anda pasti bakalan tidak melamar, sebab mereka sadar tidak diterima.
Hal ini akan membuat Anda mudah ketika nanti melakukan sesi wawancara, sekaligus membimbing penulis tersebut, Anda tak perlu mengajari pelamar dari dasar.
Ilustrasi: cara menentukan kriteria calon penulis. |
Dengan demikian, Anda sebagai pemilik bisnis bisa langsung bekerja dengan mereka, dan menghasilkan uang bersama.
Oh ya, jangan lupa ketika membuat lowongan kerja, sertakan alamat dimana lamaran kerja tersebut akan dikirimkan, sekaligus metode atau cara mengirimkannya.
Jangan terima penulis yang tak sesuai kriteria
Setelah Anda mengedarkan lowongan kerja tersebut, pastinya banyak yang melamarkan, dari sekian banyak lamaran, silahkan diseleksi.
Pisahkan antara lamaran yang memenuhi syarat dan yang tidak. Bagi yang tidak memenuhi syarat, Anda bisa mengirimkan ke mereka pemberitahuan bahwa mereka belum bisa direkrut dan bisa melamar di tempat lain.
Kemudian bagi pelamar yang memenuhi syarat, Anda bisa segera menghubungi mereka, dan memberitahukan bahwa mereka memenuhi syarat dan bisa mengikuti seleksi tahap selanjutnya.
Ilustrasi: step by step membuka lowongan kerja sebagai penulis. |
Beritahukan juga mengenai detail bagaimana mereka bisa mengikuti seleksi tahap berikutnya, dengan begitu mereka bisa mengikutinya dengan baik. Hal ini hanya untuk meyakinkan bahwa bahwa mereka bisa mengikuti seleksi tahap berikutnya dengan baik.
Wawancarai calon penulis
Setelah Anda mengirimkan undangan wawancara, maka Anda bisa menanyakan berbagai hal terkait dengan pekerjaan yang Anda tawarkan.
Terutama yang paling penting adalah memastikan bahwa mereka memenuhi syarat dan kriteria penulis yang Anda minta.
Setelah semua pertanyaan Anda ajukan, dan hal lain Anda beritahukan, maka Anda bisa segera mengakhiri sesi wawancara tersebut.
Berikan masa percobaan
Setelah melakukan sesi Wawancara, maka Anda bisa tahu, kira-kira pelamar mana saja yang akan diterima, dan yang akan ditolak.
Bagi pelamar yang Anda terima, Anda bisa memberikan semacam masa percobaan, masa percobaan ini untuk mengantspiasi jika ternyata penulis yang Anda tunjuk tak sesuai dengan harapan Anda, tak bekerja dengan baik.
Ilustrasi: langkah membuat kriteria penulis sampai membuka lowongan. |
Pada masa tersebut, jika penulis tak bekerja dengan baik, tak memberikan hasil penulisan sesuai dengan kriteria yang Anda minta, maka Anda bisa memberhentikan penulis tersebut.
Tegaskan mengenai waktu pembayaran
Di awal tadi sudah dipikirkan, kemudian saat wawancara juga sudah dijelaskan, nah ketika penulis sudah mulai bekerja, waktu pembayaran ini perlu ditegaskan lagi, sebab jika tidak maka biasanya akan jadi ribut.
Jika memang tidak bisa membayar pada tanggal tertentu, berikan "antara", misalnya, penulis akan dibayar pada tanggal 20 sampai tanggal 30 setiap akhir bulan.
Dengan mengetahui kapan penulis dibayar, maka mereka akan bekerja lebih tenang, dan Anda sebagai manager penulis juga tidak akan dikejar kejar oleh penulis.
Penutup
Apabila setelah membaca artikel ini Anda mendapatkan manfaat yang positif, silahkan share ke media sosial lain, seperti Facebook, Twitter, Whatsapp, Instagram, dan media sosial lainnya, supaya lebih banyak orang yang mendapatkan manfaat.
Oh ya, bagi AndiNafara membuka content placement untuk artikel ini, jika berminat, silahkan hubungi kontak AndiNafara ya.